RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS V SEMESTER 2
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia” yang dibina oleh Dra. Suhartiningsih, M.Pd
Oleh:
Kelompok 8/ Kelas B
1.
SITI NUR GUMILANG (150210204016)
2.
EKA NOVITASARI (150210204028)
3.
FIRDA AMELIA SAFITRI (150210204043)
4.
ENDAH PUTRI TANJUNG. S. (150210204049)
5.
MEGA ANUGRAH (150210204112)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU
PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
Bidang Studi :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : V/ 2
Fokus :
Mendengarkan
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang suatu
peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.
B. Kompetensi Dasar
5.1 Menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
C. Indikator
1. Siswa mendengarkan cerita tentang
suatu peristiwa.
2. Siswa menjawab pertanyaan yang
diajukan Guru.
3. Siswa menanggapi suatu masalah disekitar.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan cerita
tentang peristiwa dan memberikan komentar/saran yang logis dengan bahasa yang
santun.
E. Skenario
Ø Kegiatan
Awal
1.
Guru masuk ke dalam kelas mengucapkan salam.
2.
Salah satu siswa
diminta untuk memimpin doa.
3.
Guru menanyakan kabar
para siswa.
4.
Guru mengadakan apersepsi dengan cara rnempresensi kehadiran
siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional
secara bersama-sama.
5.
Guru melakukan tanya
jawab tentang peristiwa yang
terjadi di lingkungan sekitar
6.
Salah satu siswa diminta untuk bercerita tentang
peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dan siswa lain menanggapi cerita tersebut.
Ø Kegiatan
Inti
1.
Guru menjelaskan rnengenai materi pembelajaran.
2.
Guru
membacakan suatu cerita tentang peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar
dan siswa mendengarkan.
3.
Siswa diminta untuk
menanggapi isi cerita tersebut dengan
bahasa yang santun.
4.
Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa.
5.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman,
memberikan penguatan dan kesimpulan.
Ø Kegiatan
Akhir
1.
Siswa diberi tugas
untuk menuliskan cerita tentang
suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya dan mengomentari cerita dengan
memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.
2.
Salah satu siswa diminta
untuk memimpin do’a.
3.
Guru mengucapkan
salam sebagai tanda pelajaran telah usai.
0 komentar:
Posting Komentar